Monday 26 September 2011

Definisi HTML

| Monday 26 September 2011 | 0 comments


Definisi HTML
HTML (Hyper Text Markup Languange) adalah  bahasa pengkodeaan untuk menghasilkan dokumen-dokumen hypertext untuk digunakan di World Wide Web. HTML terlihat seperti bahasa pengkodean lama, yang di awali dan diakhiri dengan kode-kode html dimana menunjukkan bagaimana keluarannya pada saat di jalankan pada sebuah web browser.

Program Editor HTML
Untuk membuat aplikasi web, dalam hal ini menggunakan HTML , maka kita membutuhkan  suatu editor guna mengetikkan,mengedit atau  menyimpan dokumen-dokumen HTML. Editor untuk memdesain suatu web dibagi 2 yaitu yang bersifat text murni dan yang WYSIWYG (Graphic) Editor  untuk text, anatara lain Notepad dan Ultra Edit. Sedang editor WYSIWYG adalah Netscape dan Front Page.


Struktur Dasar HTML
Seperti umumnya dokumen lain, dokumen HTML terdiri dari teks-teks dan bahkan lebih dari dari itu. Dokumen HTML juga dapat mengandung suatu gambar, suara, ataupun video. Satu hal yang membedakan dokumen HTML dengan dokumen-dokumen lainnya adalah adanya elemen-elemen HTML beserta tag-tagnya. Elemen dan tag HTML berfungsi untuk menformat atau menandai suatu bagian tertentu dari dokumen HTML dan juga untuk menentukan struktur bagian tersebut dalam dokumen HTML. Elemen dan Tag inilah yang merupakan ciri utama dari suatu dokumen HTML. Secara garis besar, untuk menulisakn sebuah dokumen HTML dibutuhkan kerangka penulisan dengan tag-tag dasar sebagai berikut HTML, HEAD,TITLE dan BODY.
Sebagai contoh berikut ini adalah penulisan HTML minimal yang menggunakan tag-tag dasar tersebut
<HTML>
<HEAD>
<TITLE> Judul dokumen </TITLE>
</HEAD>
<BODY>
   data-data yang akan di tampilkan
</BODY>
</HTML>

TAG
FUNGSI
HTML
Untuk penenda bahwa dokumen yang dibuat adalah dokumen web
HEAD
Untuk bagian judul, boleh ada atau tidak
TITLE
Judul untuk masing-masing halaman, ditampilkan diatas browser
BODY
Informasi yang ingin dimunculkan diletakkan di bagian ini


0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

turorial terbaru

Copyright 2011. w3-id.blogspot.com. | Template by o-om.com - zoomtemplate.com